Dorong Kreativitas, UMK Selenggarakan Sosialisasi PKM

BAAK UMK, Semangat berkarya dan berinovasi, itulah yang muncul dalam acara Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus Tahun 2016. Acara yang digelar di Auditorium Muria Kudus, Rabu (31/08/2016) ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta yang berasal dari civitas akademika Universitas Muria Kudus.

Mahasiswa dan dosen harus kreatif, sehingga menghasilkan karya ilmiah. Namun, karya ilmiah yang dihasilkan dosen dan mahasiswa harus benar-benar karya sendiri, bukan hasil plagiasi.

"Sudah ada peraturan Rektor tentang plagiasi, sehingga penelitian yang dihasilkan bisa dibandingkan dengan penelitian yang sudah ada", jelas Rektor UMK, Dr. Suparnyo, SH., MS. dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Acara yang diselenggarakan kerja bareng antara Bidang Kemahasiswaan dan KMK (Komunitas Mahasiswa Kreatif) Universitas Muria Kudus, dihadiri oleh Prof. Ir. H. Djamasri Ph.D., Guru Besar UGM sekaligus Reviewer PKM dan Juri PIMNAS, diharapkan mahasiswa mampu menghasilkan karya ilmiah, khususnya Program Kreativitas Mahasiswa.

Tahun ini, sebanyak 9 proposal PKM Universitas Muria Kudus yang lolos didanai oleh Dikti, dan berhasil lolos ke Pimnas. Kesembilan proposal tersebut adalah TROLIS: Troso Lukis Inovasi Produk Lokal Tenun Troso Menggunakan Pewarna Alami dalam Upaya Diversifikasi Produk Masyarakat (Selamet Agus S.) dan Rancang Bangun Sistem Pendinginan Destilator Bioetanol Berbasis PLC OMRON CPM1A (Andrean Adi Fidiansyah).

Selanjutnya, My Tour Guide sebagai Media Pemandu Wisata Budaya Lokal Kabupaten Kudus Dengan GPS Berbasis Android (Ardi Irfanto), Rancang Bangun Alat Penguji Kemurnian Premium Berbasis Mikrokontroler (Noor Baser), dan PUP Babi (Pupa Incubator Portable for Babi) Sebagai Solusi Menekan Risiko Kematian Bayi Akibat Hipotermia (Rachmawan Wijaya).

Selain itu, SORT: Solar Oven Roof Tile, Oven Surya Pemercepat Waktu Pengeringan Genteng Tradisional (Riza Ramadhani), PHOENIX: Headphone Ultrasonix, Wireless  sebagai Alat Bantu Berjalan Penderita Tuna Netra (Rizki Fibriyanti), SARS: Smartphone Aplication Real Search SPBU, Sarana Layanan Informasi SPBU di Kudus (Shofa Izzul Amila), dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin sebagai Alternatif Sumber Energi Listrik Untuk Mengatasi Mahalnya Tarif Dasar Listrik di Karimunjawa (Jepri Narwanto).

 

Materi Sosialisasi PKM 2016

Halaman dieksekusi dalam 0.0182 detik

Kami memiliki 13 tamu online

Cek Pembayaran
FAQ Herregistrasi
Wisuda Oktober 2017

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Go to top