Tingkatkan Soliditas Ormawa, UMK Gelar Latihan Kepemimpinan

lkmm-2016

BAAK - Delegasi Mahasiswa dari Organisasi Mahasiswa di Universitas Muria Kudus (UMK), kemarin 21-22 Oktober 2016, mengikuti Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) di Agrowisata Pagilaran, Batang, Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan secara non akademis tentang pemahaman dasar keterampilan manajemen berorganisasi yang kreatif, solutif dan humanis. 

"Dengan adanya LKMM ini, diharapkan organisasi mahasiswa di Universitas Muria Kudus kedepan semakin kompak dan solid", pesan Hendy Hendro HS, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan saat membuka acara.
Kegiatan ini tidak hanya sekedar penyampaian materi saja, melainkan juga ada kegiatan sharing pengalaman, serta kegiatan outdoor di lapangan, imbuhnya di sela-sela kegiatan.

"Kegiatan ini mampu mengakrabkan kami, pengurus organisasi di Universitas karena dari awal sampai akhir selama kegiatan kami selalu bersama", kesan Syafiq. Mahasiswa yang memiliki nama lengkap Syafiq Bulloh Amin adalah mahasiswa program studi Teknik Elektro yang sekarang menjabat sebagai Presiden BEM Universitas Muria Kudus.
Setelah adanya kegiatan ini, semoga benar-benar mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama kegiatan ini, salah satunya mampu proposal kegiatan, imbuhnya.

"Jika keputusan sudah diambil, mau tidak mau harus dijalankan. Kalau sudah berlabuh, bakar kapal! Intinya, mereka pantang pulang sebelum menang", ujar Syafei, saat menularkan semangat kepada peserta di sela-sela penyampaian materi.
Karena situasi pasca pengambilan keputusan bisa berdampak win-win, win-lose, maupun segregratif. Sehingga kita harus ambil salah satu atau lebih pilihan keputusan yang tersedia. Show must go on, imbuhnya.

Selain materi tentang Pengambilan Keputusan oleh Muh. Syafei, materi lainnya juga disampaikan oleh Hendy Hendro Sridjono tentang Kepemimpinan Mahasiswa, Muhammad Arifin dengan Analisis Kondisi Lingkungan dan Teknik Penyusunan Program Kerja, Suyoto dengan materi Perumusan Gagasal Awal, Subur Sedjati tentang Dasar-dasar Organisasi.

Dilanjutkan materi Motivasi Dalam Organisasi oleh Fajar Kawuryan, Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi oleh Sucipto, Manajemen Konflik dan Laporan Pertanggungjawaban oleh Nafi Inayati Zahro, Teknik Pembuatan Proposal oleh Bachtiar Setya Nugraha.

Masih ditempat yang sama, peserta LKMM juga berkesempatan belajar tentang bagaimana pengolahan teh yang baik dari pengelola Agrowisata Pagilaran, mulai dari perkebunan hingga pengolahannya. Analogi kegiatan tersebut diharapkan, mahasiswa nantinya juga mampu mengolah organisasinya sehingga dapat bermanfaat bagi civitas akademika pada khususnya, bangsa dan negara pada umumnya. (*)

Materi Latihan LKMM 2016

 

SEKILAS KEGIATAN LKMM UMK 2016

Halaman dieksekusi dalam 0.0247 detik

Kami memiliki 10 tamu online

Cek Pembayaran
FAQ Herregistrasi
Wisuda Oktober 2017

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Go to top